Sekilas tentang PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk.
PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk.,Sido Muncul, adalah pemain utama dalam industri herbal Indonesia dengan pengalaman lebih dari 70 tahun. Menyediakan beragam produk herbal, makanan & minuman, serta farmasi, Sido Muncul memiliki lebih dari 109 titik distribusi di seluruh Indonesia. Untuk tetap bertahan dan tumbuh secara berkelanjutan, Sido Muncul terus meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis. Langkah ini diwujudkan melalui penetapan roadmap pengembangan IT lanjutan yang merinci langkah-langkah strategis dari tahun 2022 hingga 2025. Fokus utamanya adalah pada continuous development untuk membangun big data yang terintegrasi, membentuk ekosistem digital dengan sistem yang saling terintegrasi. Lalu apa tantangan yang dihadapi Sido Muncul dan bagaimana IT bisa membantu perusahaan itu mengatasinya. Pelajari secara lengkap melalui artikel ini.
Tantangan Bisnis Sido Muncul: Strategi Pengembangan IT dan Fokus pada Distribusi Produk
Menurut David Wijaya, IT Manager Sido Muncul, hal itu dilakukan terkait tantangan distribusi produk ke seluruh wilayah Indonesia. Keberlanjutan operasional menjadi krusial, dengan perlindungan terhadap gangguan dan pemulihan bencana sebagai prioritas utama.
Untuk mengatasi tantangan ini, Sido Muncul mencari solusi IT yang mendukung proses bisnis, termasuk solusi backup dan disaster recovery (DRC). Sebelumnya, sistem data center Sido Muncul beroperasi secara independen, namun langkah proaktif diambil dengan menggunakan High Availability.
Tim IT Sido Muncul menyadari pentingnya backup sebagai langkah antisipasi terhadap gangguan dan regenerasi sistem. Hal ini kritis untuk menjaga kelangsungan operasional dan memastikan keberlanjutan bisnis di masa mendatang.
Migrasi dengan Helios Cloud untuk Menjaga Kelangsungan Bisnis Sido Muncul
Untuk mangatasitantangan bisnis itu, Sido Muncul kembali menjalin kolaborasi dengan Helios sejak tahun 2018, untuk mengadopsi solusi berbasis cloud di Microsoft Azure. Sebelumnya, pada tahun 2016, Helios telah berhasil mengimplementasikan SAP di Sido Muncul.
Helios Cloud tidak hanya memberikan solusi teknologi, tetapi juga mendukung seluruh perjalanan migrasi ke cloud. Dari perencanaan hingga implementasi Disaster Recovery (DRC), ke data center, Helios membantu Sido Muncul dengan penilaian menyeluruh, memberikan peta jalan lengkap, dan merancang strategi biaya efektif.
Proses ini melibatkan Proof of Concept (POC) hingga tahap implementasi DRC ke data center. Pada setiap tahapan, Helios bertujuan untuk memastikan bahwa migrasi ini tidak hanya efektif tetapi juga mempertahankan operasional yang stabil.
“Uji coba awal membuktikan bahwa Helios Cloud memenuhi kriteria esensial bagi Sido Muncul, termasuk integrasi disaster recovery yang efektif, koneksi data yang stabil, dan kesesuaian dengan anggaran yang ditetapkan,” ujar David.
Manfaat Setelah Implementasi Helios Cloud untuk Sido Muncul
Implementasi solusi Helios Cloud memberikan keunggulan bagi Sido Muncul dalam perencanaan kontinuitas bisnis. Dalam dunia bisnis yang dinamis, solusi ini memastikan pemulihan bencana dapat dilakukan dengan cepat dan efisien saat bisnis mengalami gangguan.
“Solusi Helios Cloud dapat diibaratkan sebagai asuransi atau payung yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dengan memiliki sistem backup yang handal dan pemulihan bencana yang terintegrasi, Sido Muncul telah mengambil langkah preventif yang kritis.
Sebagaimana asuransi melindungi aset secara finansial, solusi ini melindungi aset informasi dan operasional perusahaan, mengurangi risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat bencana atau gangguan yang tidak terduga” jelas David.Keamanan informasi yang cepat, akurat, dan aman menjadi lebih kritis dalam mendukung proses bisnis yang semakin kompleks.
Dengan adopsi teknologi modern ini, Sido Muncul menegaskan komitmennya untuk tetap menjadi pemimpin di industri herbal Indonesia sambil menjaga ketangguhan dan inovasi dalam operasionalnya.